Pages

Im Crew - Earn $2 for Every Referral

Sejarah N-Gage

Posted by Roger - Rosyid Ridlo On 1:12 AM 0 comments

Nokia_N-GageArtikel ini saya dapat dari komunitasngage.wordpress.com saat sedang browsing cari games n forum ngage;
Tanggal kelahiran N-GAGE adalah tanggal 7 Oktober 2003 jam 12 malem, bertepatan dengan
launching dan penjualan pertama serempak di 60 negara. Sumbernya dari situs resmi nokia, http://www.nokia.com/press/press-releases/archive/archiveshowpressrelease?newsid=919619. Namun Nokia akhirnya harus menelan kenyataan bahwa handphone ini menuai banyak kritik dari segi performa dan tampilan fisik (tampilannya yang landscape, kudu bolak balik cabut batere kalo mau ganti MMC, sering hang, sampai fitur sidetalking di mana mikrofon dan earphone untuk nelpon terletak di samping untuk menghindari minyak di wajah menempel di LCD juga kena kritik). Penjualannya kurang memuaskan karena harga launching yang kemahalan ($299) serta ketersediaan game relatif sangat sedikit sehingga kalah bersaing dengan Game Boy Advance SP yang sekitar waktu itu juga launching dengan harga yang kurang dari setengahnya dan dengan pilihan game yang jauh lebih banyak

ngage qd plus external speaker
Menanggapi hal itu, akhirnya Nokia meluncurkan N-GAGE QD setahun kemudian di tahun 2004. N-GAGE QD mulai diperkenalkan pada tanggal 14 April 2004 (http://press.nokia.com/PR/200404/941341_5.html) dan dikapalkan ke Eropa, Afrika, dan Asai Pasifik pada tanggal 26 Mei 2004. N-GAGE QD tampil dengan bentuk lebih kecil dan perbaikan-perbaikan dari versi terdahulunya, N-GAGE Classic, misalnya tombol ok yang dipisahkan (ga lagi di tengah tombol arah), ga lagi sidetalking, fitur mp3 player dan radio dihilangkan untuk meningkatkan performa gaming secara signifikan. Tapi, tetep aja kena kritik. Karetnya gampang longgar, suaranya yang pas-pasan, dll. Penjualannya lebih baik dari versi pendahulunya tapi tetep ga sesuai dengan harapan Nokia. Nokia N-GAGE QD Silver Edition akhirnya diluncurkan pada Agustus 2005 untuk memperpanjang (extend) masa hidup brand N-GAGE.
Tetep mencoba lagi, 4 tahun kemudian, tepatnya pada 4 febuari 2008 (pre release) dan 3 April 2008 (full release), Nokia meluncurkan platform N-GAGE 2.0 (N-GAGE generasi ke dua). Pada N-GAGE generasi ke dua ini, bukan handset yang diproduksi tapi lebih ke platform (berbasis layanan online) untuk beberapa seri handphone Nokia yang disisipkan N-GAGE ke handsetnya (misal N81, dll).
Sekarang ini, setelah terkena dampak krisis ekonomi, Nokia nampaknya memutussudah lelah dengan semangat N-GAGEnya, kebijakan-kebijakan yang dibuat Nokia tampaknya sekarang lebih cenderung ke anti N-GAGE. Lihat saja pemberitaan tutupnya studio pengembang N-GAGE dan akan ditutupnya n-gage.com pada akhir tahun ini.
Tapi, di balik itu semua, gw sendiri tetep memperjuangkan kenangan gw bersama N-GAGE melalui blog ini. Perjuangan gw bukan perjuangan yang profit based kayak Nokia, perjuangan gw ini experience based (baca:perjuangan yang berdasarkan pengalaman men). Gw kagak rela kenangan gw hilang ditelen umur begitu aja. Walaupun sampai N-GAGE punah dari muka bumi sekalipun, mari bicarakan N-GAGE di sini, ataupun di blog2 para Gager ... !


Sumber:  http://komunitasngage.wordpress.com/

Categories:

0 Response for the "Sejarah N-Gage"